Sabtu, 23 Juli 2011

Bagaimana mengatasi hama padi

Bagaimana mengatasi hama padi 

Hama tikus

- Ketidakseragaman waktu tanam padi beresiko diserang tikus.Jadi dengan keseragaman waktu tanam akan mengurangi serangan hama tikus.
- Salah satu cara menangani hama tikus adalah dengan memberi rodentisida atau racun tikus.

Hama sundep
Hama ini menyerang batang pohon.
1. Cara mengatasi hama ini dengan menyemprotkan pestisida, namun yang mati hanya ulatnya saja, sedangkan telurnya masih tetap hidup.
2. Cara tradisional, yaitu menaburkan abu gosok ke lahan yang terkena hama
3. Cara tradisional lain adalah dengan menggunakan oli bekas, caranya petani harus mengetahui siklus perkembangan dari hama tersebut. Cara ini dilakukan pada saat hama menjadi kupu-kupu, hama yang telah menjadi kupu-kupu ini sangat menyukai cahaya, sehingga cara membasminya pada malam hari dengan menggunakan bantuan lampu petromaks. Lampu petromaks dinyalakan di lahan yang terkena serangan sundep. Tak lama kemudian kupu-kupu akan berdatangan ke arah lampu petromaks.Untuk menangkap kupu-kupu, petani hanya memerlukan oli bekas yang dituangkan di sekitar lampu petromaks. Kupu-kupu yang datang akan terperangkap di oli bekas.

Hama keong mas
- Hama ini menyerang daun muda.
- Cara tradisional membasmi hama ini adalah dengan melepas itik di sawah, sehingga itik-itik itu akan memakan keong ters

0 komentar: