Sabtu, 23 Juli 2011

HAMA TANAMAN TOMAT

Hama Tomat

March 25, 2011 under Hama, Hama Tanaman Hortikultura
Hama dan penyakit tanaman tomat. Hasil panen tomat yang berkualitas, selain ditentukan oleh  dan pemupukan juga terganutung dari cara mengatasi hama dan penyakitnya. Para petani di Indonesia umumnya menghabiskan 40% biaya untuk mengatasi hama  dan penyakit tanaman tomat.
Ada beberapa langkah untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman tomat, yaitu: mengetahui jenis hama dan penyakitnya, tingkat serangan, memilih perlakuan yang tepat untuk mengendalikannya. Pada artikel ini, saya akan berbagi informasi mengenai hama dan penyakit . Informasi ini berguna untuk identifikasi jenis hama atau penyakit yang menyerang .
Hama tanaman tomat

Hama Tomat
Ulat Buah (Helicoverpa spp)
Ulat buah (Helicoverpa spp). Ulat ini menyerang buah tomat yang masih muda, sehingga buahnya membusuk dan berlubang.  Buah tomat yang terserang harus langsung dipetik dan dimusnahkan supaya tidak menular ke tanaman lain yang sehat. ulat ini bisa dikendalikan dengan pestisida nabati yang lebih dan efektiv. Atau menggunakan insektisida Supracide, Curacron, atau Buldok.



hama tomat
Lalat Buah (Dacus dorsalis)
Lalat buah (Dacus dorsalis). Ciri hama ini adalah berwarna cokelat kekuningan dengan garis kuning membujur pada punggung. Lalat ini umumnya menyerang dengan cara menyuntikkan telur-telurnya kedalam kulit buah tomat. Telur-telur tersebut akan berkembang menjadi larva yang akan menggrogoti buah tomat, sehingga buah tomat menjadi busuk dan rontok. Cara pengendaliaannya dengan menyemprotkan pestisida nabati atau insektisida sistemik sejak berumur satu minggu. Cara lainnya adalah dengan menggunakan perangkap yang berbahan aktif methyl eugenol.



hama tomat
Larva Ulat Tanah (Agrotis ipsilon)
Ulat tanah (Agrotis ipsilon). gejala tanaman yang masih muda terkulai karena batangnnya terputus. biasanya serangan dimulai pada pukul 17.00 dan banyak terjadi pada musim kemarau. ulat ini berwarna cokelat tua sampai kehitaman, mengkilat, dan mempunyai garis cokelat pada kedua sisinya. masa hidup satu generasi hama ini sekitar 56 minggu. Hama ini senang mencari makan malam hari. Cara pengendalian dengan menabur insektisida Furadan 3G di dekat pangkal pohon atau secara mekanis dengan membunuh ulat satu persatu.
Baca juga tentang penyakit tanaman tomat

Incoming search terms:

,agrotis ipsilon,penyakit tumbuhan tomat,hama dan penyakit tomat,Hama penyakit tomat,hama dan penyakit tumbuhan,hama dan penyakit tanaman tomat,ulat tanah,hama yang menyerang buah tomat,hama penting tanaman tomat

0 komentar: